29 December 2020

Akhirnya... BSU Cair juga untuk Guru yang Sebelumnya Belum Ditetapkan Menjadi Penerima

Guru Jugan - Alhamdulillah, Akhirnya... BSU Cair juga untuk Guru Madrasah yang Sebelumnya mendapatkan Notifikasi belum masuk sebagai penerima BSU.

Notifikasi yang muncul saat pertama kali cek menu Bantuan kurang lebih seperti ini : Anda Sementara Belum Ditetapkan Menjadi Penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) Silahkan tunggu informasi selanjutnya, Perhari ini 29 Desember 2020 sudah muncul notifikasi : Selamat GURU JUGAN Anda ditertapkan sebagai penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU)

Adapun untuk persyaratan untuk pencairan sama dengan pencairan yang dilakukan teman-teman yang sudah melakukan aktivasi rekening dan pencairan ke Bank BRI/Syariah terlebih dahulu.
 
Berikut ini mekanisme dan Petunjuk Singkat Pelayanan Penyaluran Bantuan Subsidi Upah (BSU) Madrasah Kemenag RI 2020.

Menindaklanjuti kerjasama antara BRI/Syariah dengan Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Kemenag RI tentang Pelayanan Jasa Perbankan dalam Rangka Penyaluran Bantuan Subsidi Upah (BSU) untuk Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Non PNS Madrasah Kemenag RI, maka dengan ini kami sampaikan hal-hal sebagai berikut:







1. Bank BRI merupakan Bank yang bekerjasama dengan Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Kemenag RI dalam pelayanan dana BSU untuk Guru dan Tenaga Kependidikan (PTK) Non PNS Kemenag RI.

2. Penerima dana tunjangan merupakan Guru / Tenaga Kependidikan Non PNS yang telah ditunjuk oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Kemenag RI untuk mendapatkan dana BSU.

3. Seluruh proses pembukaan rekening dilakukan oleh Institutional Division (Divisi INS) menggunakan aplikasi Mass Account Opening melalui Divisi STO sesuai dengan data penerima yang dikirimkan oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah Kemenag RI.

4. Seluruh penerima dana BSU telah dibukakan Rekening Tabungan dengan product type CB di Unit Kerja BRI yang ditunjuk berdasarkan hasil mapping dari Divisi INS.

5. Penerima dana BSU dapat melakukan aktivasi rekening / pencairan dana BSU di Unit Kerja terdekat dengan lokasi penerima BSU dan dapat dilayani di seluruh Unit Kerja Operasional Bank BRI (KCK, Kantor Cabang, KCP, Kantor Kas dan BRI Unit) seluruh Indonesia melalui Brinets Ekspress dengan transaction code 2423;

6. Penerima dana BSU wajib melakukan aktivasi rekening dengan membawa dokumen sebagai berikut:

a. Mengisi dan menandatangani aplikasi dan dokumen pembukaan Rekening Tabungan (AR 01);

b. Mengisi dan menandatangani aplikasi pengkinian data (FR 01) bagi penerima BSU;

c. Membawa dan menyerahkan persyaratan tambahan yang disepakati yaitu:

  • Asli dan Fotocopy KTP penerima dana tunjangan;
  • Asli dan Fotocopy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) jika ada;
  • Print Out (S42a) Surat Keterangan Penerima BSU GBPNS 2020 yang diunduh dari SIMPATIKA (surat keterangan tanpa barcode);
  • Print Out (S42b) Surat Pertanggungjawaban Mutlak (SPTJM) yang diunduh dari SIMPATIKA dan ditandatangani diatas meterai;
  • Print Out (S42c) Surat Kuasa Penerima BSU kepada Unit Kerja BRI untuk dapat melakukan Blockir, Debet, dan Tutup Rekening, yang diunduh dari SIMPATIKA dan ditandatangani tanpa meterai.

7. Mengingat proses krediting dana bantuan selesai pada hari Selasa tanggal 22 Desember 2020, maka aktivasi rekening dapat dilakukan meskipun dana BSU belum masuk ke rekening penerima. Sehingga untuk terlebih dahulu dapat diberikan Buku Tabungan dan / atau Kartu ATM (sesuai dengan stock Kartu ATM yang tersedia di Unit Kerja)

Selanjutnya seluruh data dan informasi yang dikirimkan oleh Divisi INS adalah data yang bersifat rahasia dan hanya dapat digunakan untuk kepentingan operasional internal BRI. Oleh karena itu, Unit Kerja BRI dilarang memberikan data atau informasi kepada pihak manapun (seluruh pihak eksternal termasuk pihak Kemenag Provinsi / Kota / Kabupaten) tanpa berkoordinasi terlebih dahulu dengan Divisi INS.



Demikian informasi singkat tentang Akhirnya... BSU Cair juga untuk Guru yang Sebelumnya Belum Ditetapkan Menjadi Penerima. Semoga semua guru tercover, Aamiin.

Tulis Komentar Anda disini
EmoticonEmoticon