08 January 2021

Contoh LPJ BOS BABUN Yang sudah diterima dan Selesai

Guru Jugan - Contoh LPJ BOS BABUN Yang sudah diterima dan Selesai. Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ), yang paling penting yang diminta dalam LPJ tersebut adalah neraca penggunaan dana, Kwitansi, Nota, faktur pajak dan foto. 

BOS BA-BUN Bantuan Operasional Sekolah yang berarasal dari Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara yang disingkat menjadi BA-BUN.
 

Bukti belanja dan bukti upload pengembalian dana (bagi yang kelebihan) wajib diunggah ke laman Portal BOS Kemenag bersama dengan Laporan Neraca Penggunaan Dana.




Pada postingan sebelumnya Guru Jugan juga sudah membagikan Cara dan Panduan Pengisian Aplikasi Portal BOS Madrasah yang harus dilakukan untuk mencairkan dana BOS BA-BUN Madrasah dibawah naungan Kemenag.


Contoh Bentuk Laporan Neraca Penggunaan Dana

Contoh format Laporan Neraca Penggunaan Dana BOS BA-BUN masih belum ada dokumen yang sama pada BOS reguler sebelumnya. Format yang mirip adalah saat melakukan Pelaporan SPT Tahunan Pajak yang biasanya mensyaratkan adanya Neraca dan Laporan Laba Rugi.


Berikut contoh format Laporan Neraca Penggunaan Dana BOS BA-BUN yang bisa Guru Jugan share, semoga bisa membantu teman-teaman yang masih agak bingung dengan format Neraca penggunaan dana BOS BA-BUN.






Format Neraca Penggunaan Dana BOS BA-BUN ini disesuaikan dengan format Neraca Keuangan pada umumnya. Hanya saja unsur atau komponen di dalamnya disesuaikan dengan BOS BA-BUN.

Neraca keuangan adalah laporan yang berisikan ringkasan posisi keuangan pada periode tertentu. Neraca biasanya memuat tiga komponen yaitu:

  • Aktiva (aset atau harta yang dimiliki)
  • Liabilitas (utang atau kewajiban yang harus dibayarkan)
  • Ekuitas (modal yang dipergunakan dalam menjalankan pekerjaan)

Karena terkait pekerjaan sebagai akibat kegiatan OS BA-BUN, maka dalam Neraca Penggunaan Dana BOS BA-BUN ini komponen-komponen tersebut disederhanakan. Aktiva berupa penerimaan dana BOS BA-BUN sedang liabilitas dan ekuitas adalah penggunaan dana 

Pada bentuk skontro (rekening), Neraca Penggunaan Dana BOS BA-BUN tersaji secara menyamping atau terbagi dalam dua sisi. Sisi sebelah kiri berisikan aktiva yang dalam kasus ini disederhakan dengan istilah pendapatan.

Sedang sisi sebelah kanan berisikan ekuitas dan liabilitas yang dalam kasus ini disederhanakan sebagai penggunaan dana atau belanja.

Kolom pendapatan, sumber aktiva hanya tungggal yakni penerimaan dana BOS BA-BUN.

Sedang pada kolom belanja, bisa diisikan dengan kegiatan atau penggunaan dana sesuai dengan RKAM yang telah disusun dan diunggah sebagai persyaratan pencairan dana.

Di bagian bawah, terdapat Total Pendapatan, Total Belanja, dan Saldo. Kemudian Jumlah Bersama untuk masing-masing kolom.

Contoh Laporan LPJ BOS BABUN Yang sudah diterima dan Selesai dalam bentuk file PDF dan Video contoh Kwitansi, Nota, dan foto.





Untuk file contoh excel neraca Laporan Dana BOS BA-BUN yang sudah terisi uraian pemasukan/ pendapatan dan pengeluaran silahkan klik disini (direct size 13.3 KB)


Baca Jugan : 


Demikianlah sharing Guru Jugan tentang Contoh Laporan Dana BOS BA-BUN (Neraca Penggunaan nya), semoga bermanfaat. Aamiin.

Tulis Komentar Anda disini
EmoticonEmoticon