01 August 2020

Emis Madrasah Semester Ganjil 2020-2021

Guru Jugan - Emis Semester Ganjil sudah siap dibuka, tinggal para operator yang lebih baik mempersiapkan segala data yang diperlukan untuk updating data lengkap siswa.

Ada beberapa yang harus dipersiapkan dalam Pendataan Emis Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021, Seperti Detail siswa, mulai KK, Akte, Ijazah jenjang sebelumnya dll.

Operator sebagai kepanjangan tangan dari Lembaga/Madrasah memiliki kewajiban untuk melakukan updating data Emis sesuai perubahan data yang ada di Madrasah seperti siswa yang sudah lulus dan juga siswa baru. Dimana pada tahun ajaran baru tentu kita sudah tahu semua bahwasanya Madrasah memiliki kewajiban melakukan input data siswa baru baik dia yang berasal dari siswa Sekolah ataupun siswa yang berasal dari Madrasah.



Semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 akan segera dibuka, tentunya Madrasah harus mempersiapan semua data yang dibutuhkan agar ketika akses Emis dibuka maka Madrasah dan operatornya tidak keteteran.

Persiapan updating data Emis harus kita lakukan agar nantinya ketika kita melakukan updating data Emis kita bisa dengan tenang mengerjakan updating data Emis dengan porsentasi kevalidan yang tinggi karena kita sudah menyiapkan data dan dokumen yang dimiliki siswa.

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum Emis Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021 dibuka :

  • Mendata siswa yang ada di VervalPD, apakah sudah lengkap atau masih ada yang belum masuk, jikapun sudah masuk tinggal valid atau tidaknya, data kembali kelengkapan data agar nantinya bisa masuk ke vervalpd dan untuk data - data yang salah di vervalpd maka teman-teman bisa mengedit sesuai item yang ada di VervalPD.
  • Mempersiapkan dokumen siswa seperti: ijazah jenjang sebelumnya, akta lahir, KK dan dokumen pendukung lainnya untuk kelengkapan data siswa.
  • Memverifikasi data yang digunakan kepada orang tua siswa karena kadang ada data siswa yang berbeda misal data di akta beda dengan data di KK maka dipastikan ke orang tua agar memilih data yang akan digunakan.
  • Memastikan data NISN di vervalpd sudah sesuai  yang artinya jika ada perbedaan dengan NISN yang tercantum di ijazah sebelumnya maka bisa di usahakan untuk dilakukan claim NISN jika bisa dan jika tidak maka tetap NISN yang harus digunakan adalah NISN yang ada di vervalpd.
Maka untuk itu sebelum pendataan Emis semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 dibuka penting sekali Madrasah melakukan persiapan agar bisa langsung action ketika pendataan Emis semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 dibuka dan Madrasah bisa benar benar memastikan kevalidan data juga bisa sesegera melakukan updating data tanpa harus menunggu di akhir - akhir waktu.



Baca Jugan : 

Demikian Postingan tentang Persiapan Emis Madrasah Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT dan bisa melaksanakan tugas dengan tepat waktu, Aamiin.

Tulis Komentar Anda disini
EmoticonEmoticon