24 March 2020

UNBK 2020 DITIADAKAN...! APA...? KENAPA...?

Guru Jugan - Berita heboh kembali hadir di tengah-tengah wabah Corona (Covid-19), kali ini datang dari dunia pendidikan tentang peniadaan UNBK 2020.

Sedianya Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMA/MA akan dilaksanakan tanggal 30 Maret-2 April 2020, ada wacana di daerah jawa timur jadwal UNBK akan di mundurkan ke tanggal 5 April - 8 April, untuk SMP/Mts mulai tanggal 20 April-23 April 2020.


Namun berita terbaru Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama dengan Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sepakat untuk meniadakan ujian nasional tahun 2020 bagi siswa SD, SMP dan SMA.

Baca Jugan : 

Pembatalan UN 2020 Tingkat SMA/MA SMP/MTs SD/MI Demi Apa Coba???


Wabah corona atau COVID-19 yang juga melanda Indonesia menjadi alasan, Komisi X dan Kemendikbud untuk tidak akan menggelar UN 2020. 

Kesepakatan itu disampaikan menggelar rapat bersama melalui video conference pada Senin 23 Maret 2020 malam. Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda mengunggah video rapat tersebut di akun instagramnya @syaifuhooda, yang dikutip Selasa 24 Maret 2020.

Daring Meeting: Barusan selesai rapat daring dengan Mendikbud dan jajaran. Salah satu yang kita sepakati Ujian Nasional (UN) SD, SMP, dan SMA ditiadakan," tulis Huda.

"Selain itu UN juga tidak lagi menjadi penentu untuk masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Dengan demikian tidak ada lagi alasan yang menguatkan pelaksanaan UN SMA/MA dan UN SMP/MTs di tengah meluasnya wabah yang mematikan ini," ujarnya.

Menurutnya Pelaksanaan UN cukup diganti dengan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Nantinya pelaksanaan USBN ini diserahkan kepada masing-masing sekolah sesuai dengan kondisi dan perkembangan penanganan wabah Covid-19.

"Ini juga momentum untuk menyerahkan pelaksanaan ujian peserta didik tingkah menengah kepada sekolah sebagai satuan pendidikan. Nantinya soal ujian dibuat oleh guru mata pelajaran dengan memperhatikan muatan kurikulim dan standar kompentensi lulusan di sekolah," katanya.

Demikian Informasi tentang UNBK 2020 DITIADAKAN...! APA...? KENAPA...?, semoga informasi ini mencerahkan pemikiran kita yang kadang buram dan abu abu tentang perkembangan informasi tentang kebijakan pendidikan akhir-akhir ini.


2 Diskusi

Alhamdulillah mas saya jadi ngga UNBK wakakakakak

Hahaha.. Ya tp demi ujian kita sering begadang, simulasi sdh 2 kali pas gagal.. Kadang dstu sedihnya

Tulis Komentar Anda disini
EmoticonEmoticon