01 January 2021

Cara Jitu Agar Siswa Masuk Verval-PD

Guru Jugan - Bagaimana Cara Agar Siswa Masuk Verval-PD?. Sudah terdaftar di Emis tapi masih banyak siswa tidak masuk ke data Verval-PD. Meskipun masuk tapi masih nongkrong di residu Verval-PD, entah itu tidak memiliki NISN atau NISN ganda, ada juga NIK Ganda dan permasalahan lainnya. 

Bagaimana solusi untuk mengatasi siswa yang tidak masuk ke aplikasi Verval PD, atau masuk tapi masih silang merah?

Masih banyak siswa dengan NISN yang masih terkendala dengan identitasnya seperti terdaftar di lebih dari satu rombel atau sekolah, nama siswa yang salah, tempat dan tanggal lahir yang tidak sesuai, nama ibu kandung yang tidak konsisten, hingga NIK siswa yang salah, kosong, atau bahkan dipergunakan oleh lebih dari satu siswa.




Baca Jugan :


Bagaimana Solusi Siswa Agar Masuk Verval PD?

Solusi jika siswa tidak tercantum di Verval PD padahal data siswa tersebut sudah terdaftar di Emis Madrasah, langkah-langkah tepat harus diambil untuk mengatasi hal tersebut sehingga peserta didik tersebut bisa masuk ke Verval-PD.

Yang perlu dilakukan adalah hal berikut :


1. Cek Kelengkapan Detail/Data Siswa di Emis

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengecek kelengkapan detail/data siswa di Emis Madrasah, berikut caranya :
  • Cek di menu Kesiswaan - Siswa Aktif. Cari nama siswa yang belum terdaftar di Verval PD Klik tombol Aksi pilih Detail Siswa dan Ubah Profil Siswa. Jika ada ada yang kurang silahkan diisi secara lengkap, jangan lupa klik Simpan
  • Cara Kedua Mengunduh Template. Yang perlu diunduh adalah template NIK, NISN, dan NIS LOkal, Template Tempat Tinggal, Template Informasi Orang Tua, dan Template Alamat Tinggal Ortu. Silahkan isi data yang kosong di template tersebut, setelah terisi silahkan unggah kembali template tersebut di menu template.

Ingat, data di Verval-PD tidak langsung berubah ketika kita selesai mengisi detail/data kelengkapan siswa di EMis. Masih butuh waktu beberapa hari atau menunggu generate berikutnya agar tercantum di Verval-PD.


2. Cek Rombel Siswa

Siswa sudah dimasukkan ke rombelnya masing-masing di layanan Emis Madrasah. Lupa tidak melakukan entri rombel bisa mengakibat siswa tidak tergenerate ke sistem Verval PD. Bahkan dalam kasus tertentu, bisa jadi semua siswa tidak terdaftar di Verval PD.

  • Cara Pertama untuk mengecek rombel sangat gampang, tinggal cek di siswa aktif, jika sudah muncul kelas dan rombelnya (contoh : 5-01 atau 8-01 atau 11-01). Keterangan : 5 adalah kelas, 01 adalah rombelnya. Kalau masih ada siswa yang tidak ada rombelnya silahkan klik menu Kesiswaan - Siswa Aktif, Cari nama siswa yang belum dimasukkan rombel, lalu klik kotak di depannya hingga tercentang. Klik kolom di sebelah Ubah Kelas dan Rombel dan pilih rombel yang diinginkan. Klik tombol Ubah Kelas dan Rombel.
  • Cara Kedua yang perlu dilakukan adalah mengisi Rombel di menu Sarpras - Rincian Data Ruangan - Ruang Kelas (Misal Kelas 8) - Klik Aksi - Robongan Belajar - Tambah Data - Tahun Pelajaran (2020/2021) - Isi Jumlah Siswa menurut Jenis kelamin. Klik Simpan.


3. Siswa Pindahan (Mutasi)

Siswa Pindahan mutasi masuk (pindahan dari madrasah atau sekolah lain bisa jadi masih terdaftar di akun Verval-PD madrasah asal. Sehingga belum masuk ke madrasah tujuan.

Solusinya adalah dengan menghubungi sekolah atau madrasah asal agar melakukan prosedur Siswa Keluar melalui aplikasi Verval-PD sekolah yang bersangkutan.


4. Menunggu Generate Selanjutnya 

Jika data-data siswa sudah benar dan langkah-langkah pengecekan seperti diuraikan di atas sudah dilakukan tetapi siswa masih juga belum terdaftar di laman Verval-PD yang harus dilakukan adalah tinggal menunggu sistem melakukan generate database berikutnya.

Selama data-data terkait dengan siswa dan rombel telah benar, insaallah akan terdata dalam laman Verval PD sekaligus mendapatkan NISN.

Operator tinggal melakukan pengecekan di menu Residu pada laman Verval-PD untuk melakukan perbaikan data sesuai dengan daftar validasi yang disertakan.

Jika sudah Residu kosong dan data siswa lengkap, berarti tugas kita tinggal mengecak di menu Aplikasi BIOS CAPESAN (Calon Peserta Asesmen Nasional).

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang Bagaimana Cara Agar Siswa Masuk Verval-PD. semoga postingan ini bermanfaat, aamiin.

Tulis Komentar Anda disini
EmoticonEmoticon