05 December 2020

Pendaftaran Ujian Retaker Peserta PPG yang Belum Lulus Tahun 2018 & 2019

Gurujugan - Pendaftaran ujian retaker peserta PPG 2018 dan PPG 2019 (PPG Kemenag) yang belum lulus Ukin/UP. 

Menurut Wikelipedia Retaker merupakan istilah untuk orang orang yang belum kompeten setelah mengikuti uji kompetensi sekali atau lebih. Beban yang dirasakan akan lebih berat karena selain berjuang untuk menghadapi uji kompetensi, retaker harus berjuang mengatasi pengalaman yang tidak menyenangkan yang telah terjadi sebelumnya.







Menindaklanjuti surat Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI nomor B-2825.3/DJ.I/PP.00.9/11/2020 tanggal 30 November 2020 perihal sebagaimana pokok surat, bersama ini disampaikan beberapa informasi sebagai berikut:


1. Dimohon untuk menyampaikan informasi kepada Guru Madrasah di wilayah binaan Saudara, bahwa pelaksanaan UKMPPG bagi Retaker guru madrasah Tahun 2020 akan dilaksanakan pada tanggal: Uji Kinerja 07 – 08 Desember 2020, Uji Pengetahuan 12 –13 Desember 2020;

2. Pelaksanaan ujian Retaker akan dilaksanakan di LPTK PTKIN atau TUK terdekat dengan peserta PPG. Untuk itu, peserta agar mendaftarkan sesuai pada LPTK terdekat yang telah tercantum dalam sistem;

3. Pendaftaran ujian retaker peserta PPG 2018 dan PPG 2019 (PPG Kemenag) yang belum lulus UKMPPG akan dibuka akses pendaftarannya mulai tanggal 01 s.d. 07 Desember 2020. Berkenaan dengan hal ini, seluruh guru dimaksud pada nomor 1 diminta segera mendaftarkan diri secara mandiri melalui laman http://ukmppg.kemdikbud.go.id;

4. Pokja PPG Kementerian Agama dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kota berkoordinasi dengan LPTK PTKIN penyelenggara pelaksanaan UKMPPG 2020 untuk melaksanakan monitoring dan evaluasi pada saat pelaksanaan UKMPPG (Uji Pengetahuan) Guru Madrasah dan Guru PAI tahun 2020.


Peserta dimaksud hanya bagi guru yg telah mengikuti PPG 2018 dan 2019 namun blm lulus, untuk mendaftar dengan cara klik link yang sudah tercantum dalam surat edaran. 

Untuk Pendaftaran peserta PPG baru masih dalam tahap persiapan di tahun 2021, tetap belajar/menyiapkan diri agar ketika pelaksanaan tahun depan sudah siap.

User dan password menggunakan Nomor peserta dan password yg dipakai ujian sebelumnya.

Untuk mengunduh surat edaran Pelaksanaan UKMPPG Bagi Retaker Guru Madrasah Tahun 2020, silahkan klik tautan dibawah ini :





Info Lanjutan

Bapak/Ibu mohon dipahami bahwa pelaksanaan UKMPPG hanya diperuntukkan bagi Mahasiswa PPG yg belum lulus Ukin dan/atau UP (Retaker), artinya bagi mereka yang pernah terdaftar sebagai Mahasiswa PPG Daljab tahun 2018 dan 2019 namun blm lulus Ukin/UP.


Mereka semua wajib mengikuti UKMPPG Tahun 2020 ini, sebelum masa perkuliahan mereka berakhir pada tahun 2021, yang nantinya tidak lagi memiliki kesempatan mengikuti UKMPPG krn NIMnya sdh tidak lagi terdaftar di PD Dikti. 


Bagi Rataker dimaksud yang tidak lulus PPG tahun ini maka diwajibkan mengikuti Pretest PPG kembali di tahun berikutnya (mengikuti proses dari awal lagi utk memperoleh NIM baru dari LPTK). 


Mohon para Kasi dan Kamad memahami Juknis dan Edaran lainnya yang terkait dgn PPG supaya memahami betul apa itu PPG (tidak asal share/forward/TL). 


Bagi mahasiswa yang baru lulus Pretest apalagi belum mengikuti Pretest mereka tidak berhak mengikuti UKMPPG pada Desember 2020 ini. 


Demikian, terima kasih. 


Sekretaris Pokja PPG Kemenag RI, 
Mustofa Fahmi


Catatan : 
Semoga yang mengikuti retaker susulan semuanya lulus dan semoga ppg 2021 segera diadakan untuk yg sudah lulus pretes 2018 dan 2019. Amin


Baca Jugan :


Jika link diatas ada yang bermasalah saat mengunduh/informasi yang kurang valid, silahkan komen di grup halaman FB atau grup telegram kami berikut ini.

Untuk Info Ter-Update silahkan Join GROUP 
Telegram : https://t.me/guru_jugan (past respons)



Demikian informasi tentang Pendaftaran ujian retaker peserta PPG 2018 dan PPG 2019 (PPG Kemenag) yang belum lulus UKMPPG, semoga bermanfaat. Aamiin.



Tulis Komentar Anda disini
EmoticonEmoticon