12 October 2020

AKG - Materi + Contoh Soal Mapel Kimia Jenjang MA

Gurujugan - Materi AKG tidak jauh dari kemampuan bernalar dengan menggunakan bahasa (literasi), kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi), dan penguatan pendidikan karakter. Kemampuan literasi dan numerasi adalah dua komponen penting yang perlu diukur dan menjadi kompetensi minimum bagi siswa untuk belajar.




Menjawab "Mengapa Guru Harus AKG?" menjawab beberapa pertanyaan guru di media sosial tentang AKG, AKK, dan AKP, pertanyaan itu muncul seiring dengan adanya edaran bahwa guru harus ikut AKG, Kepala Madrasah wajib ikut AKK, dan Pengawas Madrasah juga wajib ikut AKK.


Sebagai tenaga profesional, guru dituntut untuk selalu mengembangkan diri sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Kondisi yang berbeda yang dialami oleh guru, mengakibatkan timbulnya berbagai kendala dalam penguasaan kompetensi yang disyaratkan. Oleh karena itu, ada dua skema yang akan dilakukan oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah untuk mengukur profesionalisme guru, kepala dan pengawas madrasah yakni secara akademis dan non akademis.

Pengukuran akademis dilakukan secara rutin setiap tahun yaitu dengan menyelenggarakan Asesmen Kompetensi Guru (AKG), Asesmen Kompetensi Kepala (AKK) dan Asesmen Kompetensi Pengawas (AKP). Kementerian Agama merupakan salah satu Kementerian yang berperan penting dalam dalam pencapaian target pembangunan pendidikan nasional.



Berikut ini tata cara pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru :

AKG dilaksanakan menggunakan dua sistem, yaitu:

1. Sistem online, dilaksanakan di daerah yang terjangkau jaringan internet dan memiliki ruangan yang berisi perangkat laboratorium komputer dan terhubung dalam jaringan intranet.


2. Sistem offline atau manual, dilaksanakan di daerah yang tidak terjangkau jaringan internet dan tidak memiliki ruangan yang berisi laboratorium komputer dan tidak terhubung dalam jaringan internet.


Berikut Materi + Contoh Soal AKG Mapel KIMIA Jenjang MA





Demikian Materi dan Contoh Soal Kimia Jengan Madrasah Aliyah, semoga bermanfaat. Aamiin.

Baca Jugan :

Untuk Info ter-Update silahkan gabung di GROUP 

Telegram Guru Jugan

Tulis Komentar Anda disini
EmoticonEmoticon