18 February 2019

Apa Itu Pengertian Oracle VirtualBox, VDI, VHD, HDD, VMDK

Apa Itu Pengertian Oracle VirtualBox, VDI, VHD, HDD, VMDK. Assalamu'alaikum sahabat Guru Jugan. Dunia Pendidikan sudah mulai menggulirkan peraturan yang mewajibkan sekolah dan Madrasah melaksanakan ujian dengan mengunakan komputer atau istilahnya UBK (Ujian Berbasis Komputer).

Pada kesempatan kali ini Guru Jugan akan membahas Virtualbox dan VHD yang sering digunakan dalam pelaksanaan ujian bertarap Nasional seperti UNBK, UAMBN-BK, USBN-BK dan ujian lainnya.



Dikutip dari https://id.wikipedia.org/, Oracle VM VirtualBox adalah perangkat lunak virtualisasi, yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi "tambahan" di dalam sistem operasi "utama". Sebagai contoh, jika seseorang mempunyai sistem operasi MS Windows yang terpasang di komputernya, maka seseorang tersebut dapat pula menjalankan sistem operasi lain yang diinginkan di dalam sistem operasi MS Windows.

Fungsi ini sangat penting jika seseorang ingin melakukan ujicoba dan simulasi instalasi suatu sistem tanpa harus kehilangan sistem yang ada. Aplikasi dengan fungsi sejenis VirtualBox lainnya adalah VMware dan Microsoft Virtual PC.

Sistem operasi yang dapat menjalankannya antara lain Linux, Mac OS X, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Solaris, dan OpenSolaris

Berikut Beberapa Virtual Disk yang sering digunakan dalam Ujian Berbasis Komputer
  • VDI (Virtual Disk Image) 
VDI adalah Virtual Format drive yang digunakan oleh Oracle VM VirtualBox, program virtualisasi desktop open-source, dapat dipasang sebagai harddisk pada Mac, Windows, dan platform Unix, memungkinkan pengguna untuk menjalankan program yang ditulis untuk sistem operasi yang berbeda dalam lingkungan virtual kecepatan tinggi .
  • VHD (Virtual Hard Disk)
VHD merupakan file gambar Harddisk yang digunakan oleh Microsoft Windows Virtual PC, menyimpan data dalam file tunggal yang bertindak sebagai harddisk individu.VHD dapat digunakan untuk menginstal beberapa sistem operasi pada satu komputer, program perangkat lunak uji coba, atau menjalankan aplikasi yang lebih tua.
  • HDD (Parallels Hard Disk) 
HDD adalah harddisk virtual yang dibuat oleh perangkat lunak Virtualisasi Parallels Desktop, menyimpan data untuk hard drive mesin virtual. HDD digunakan untuk memuat file VM ketika VM dimulai. File HDD disimpan dalam PVM file mesin virtual.
  • VMDK (Virtual Machine Disk) 
VMDK adalah Virtual disk yang menyimpan isi dari mesin virtual hard disk VMware, dapat diakses sebagai harddisk fisik dengan software VMware, biasanya bernama "[vmname] vdmk;." Mungkin diatur pada ukuran yang tetap atau dikonfigurasi untuk tumbuh dari waktu ke waktu menggunakan Virtual Disk Manager VMware.

Demikian informasi tentang Apa Itu Pengertian Oracle VirtualBox, VDI, VHD, HDD, VMDK, semoga tulisan ini bermanfaat. Aamiin.

Tulis Komentar Anda disini
EmoticonEmoticon