03 October 2019

Cara Login PDUM/UAMBN-BK Madrasah dan Mengisi Kelengkapan Data

Cara Login PDUM / UAMBN-BK Madrasah dan Mengisi Data. 
Guru Jugan - Assalamu'alaikum sahabat gurujugan, pada postingan ini merupakan link untuk pendataan Pangkalan Data Ujian Madrasah.

http://sikurma.kemenag.go.id/pdum/ atau laman lain
http://pdum.argocipta.com/ merupakan alamat login PDUM resmi

http://uambnbk.kemenag.go.id/login merupakan alamat login UAMBN-BK resmi.

Pada postingan sebelumnya saya telah membahas tentang panduan PDUM, download di link http://sikurma.kemenag.go.id/pdum/ Download PDUM Panduan Pangkalan Data Ujian Madrasah, yang mengulas tentang PDUM Pangkalan Data Ujian Madrasah. 


Baca Juga :
Upload Foto Peserta dalam 1 menit di Pangkalan Data Ujian Mandarah (PDUM) 
Download Template Data Peserta PDUM / UAMBN-BK 

Pada Postingan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana Cara Login PDUM/UAMBN-BK Madrasah dan Mengisi Data, sebagai informasi lanjutan dari postingan sebelumnya.

Sebelum login Download dulu Template Data Peserta DISINI


Bagaimana Cara Login?

Langsung to the point saja, eatore simak langkahnya sebagai berikut :

1. Klik tautan berikut : http://sikurma.kemenag.go.id/pdum/

2. Masukkan User dan Password

untuk User silahkan masukkan pdum_NO.NPSN

untuk Password sama dengan yang tahun lalu, atau kalau lupa bisa reset dibawah login dan password bisa di cek di e-mail yang tertera di kelengkapan data proktor / user, langkah terakhir jika semua langkah diatas sudah tidak bisa silahkan menghubungi Admin Kabupaten setempat

3. Jika sudah bisa login, tampilan selamat datang dari laman UAMBN-BK. seperti gambar berikut


Cara Pengisian Kelengkapan Data :

LANGKAH 1 : LENGKAPI DATA PROKTOR
Perhatikan tanda * sebagai mandatory yang wajib diisi. Email wajib diisi sebagai alamat konfirmasi password jika terjadi reset password (karena lupa dan lain sebagainya).

LANGKAH 2 : LENGKAPI DATA MADRASAH
Jika terdapat salah informasi, silakan diedit, termasuk titik lokasi madrasah. Jika terjadi kesalahan letak kabupaten / kota madrasah, hubungi Kanwil Provinsi untuk perubahan data, jika terjadi kesalahan letak provinsi, hubungi Admin Pusat untuk perubahan data. Kelengkapan data di form Pelaksanaan UAMBN 2018/2019 harus disi, Zona Waktu adalah zona waktu di wilayah madrasah Anda, pastikan dari awal madrasah Anda melaksanan UAMBN melalui BK atau KP, dan pastikan pelaksanaan apakah Mandiri atau Bergabung (Akreditasi/Non). Untuk yang bergabung, sebelum diisi pastikan terlebih dahulu kesediaan madrasah pelaksana.

LANGKAH 3 : UPLOAD DATA SISWA
Isi data siswa/peserta UAMBN Anda sesuai dengan format yang telah disediakan. Semua kolom harus diisi dan harus benar, kecuali kolom jurusan untuk jenjang MTS dikosongkan. Upload berulang-ulang masih diizinkan sampai batas waktu yang akan diumumkan selanjutnya. Upload berulang akan menghapus dan menimpa data siswa sebelumnya yang sudah diupload. Kolom Sesi dan Server wajib diisi, untuk madrasah bergabung silakan koordinasi langsung dengan madrasah pelaksana dalam menentukan sesi dan server agar data dapat diisi lengkap.

Tutorial Upload Data Siswa di Pangkalan Data Ujian Madrasah (PDUM)





LANGKAH 4 : PENGECEKAN DATA SISWA
Silakan cek kembali data siswa yang telah diupload, jika ada yang masih belum lengkap silakan untuk mengupload ulang ataupun diedit satu-satu dari aplikasi PDUM. Pengeditan termasuk metode UAMBN per siswa (BK/KP) dengan kondisi tertentu sehingga harus berbeda metode pelaksanaan UAMBN-nya. Photo siswa juga harus dimasukkan manual satu per satu untuk kelengkapan data Kartu UAMBN.

LANGKAH 5 : CETAK KARTU
Direkomendasikan menggunakan browser Chrome (versi terbaru) untuk melakukan cetak kartu siswa. Setelah Langkah 5 selesai, maka proses PDUM untuk proktor selesai. Terima kasih.

Demikian Informasi lanjutan tentang UAMBN-BK mengenai Cara Login PDUM/UAMBN-BK Madrasah dan Mengisi Kelangkapan Data. semoga bermanfaaat.

8 Diskusi

assalamu alaikum
kalo buat upload foto di pdum gimana caranya ya?

Ini Link youtub nya
https://youtu.be/MMkeyNa_RBo
Nnti saya posting di Blog jg caranya

usernam dan pass untuk login pdum dapat dari mana??

Biasanya dibagikan operator/helpdesk Kabupaten / kota

apabila ada peserta yang blm masuk PDUM bagaimana cara menambahkannya?

coba manual, jgan pakai template. opsi kedua menunggu setelah simulasi 1 selesai

Jika email proktor tdk bisa dibuka dan telah reset password pdum, bagaimana solusinya.

Minta Reset helpdesk Kabupaten/Kota

Tulis Komentar Anda disini
EmoticonEmoticon