07 May 2018

Solusi Mengatasi Tanda Silang ✖ Merah Wifi

Assalamu'alaikum wr. wb. sahabat Guru Jugan (guru juga - red) Tentunya setiap guru memiliki alat elektronik untuk menunjang kegiatan mengajarnya. Terutama komputer atau laptop. Nah.. Kali ini saya akan membahas solusi terhadap permasalahan yg terkadang muncul di sela-sela kegiatan kita. 


Mengatasi Tanda Silang ✖ Merah Wifi 

Mungkin beberapa dari kalian pernah mengalami hal yang serupa, atau sekarang kalian masih mencari solusi untuk memacahkan masalah ini? Munculnya tanda silang merah pada wifi bisa disebabkan oleh beberapa hal dan berikut merupakan penyebab dan cara mengatasinya:

1. Driver Wifi Belum Terpasang
Yang pertama adalah adanya kemungkinan kalau driver wifi kalian belum terpasang, dan ini biasanya terjadi sesudah install ulang sistem operasi. Cara mengetahui kalau driver sudah terpasang atau belum cukup pergi ke device manager dengan cara:
Tekan tombol Windows + R lalu ketik  mmc devmgmt.msc
Jika driver belum terpasang maka akan ada sebuah tanda tanya atau segitiga warna kuning. 

2. Ada Jaringan Wifi yang Terbuka
Selalu perhatikan bahwa disekitar kalian ada jaringan wifi yang terbuka dan siap untuk dipakai. Karena jika tidak ada sama sekali maka tanda silang merah akan muncul.

3. Wifi Laptop Dalam Keadaan On / Menyala
Perhatikan juga bahwa wifi komputer atau laptop kalian dalam keadaan menyala, karena jika tidak maka tanda silang merah akan muncul. Pada beberapa varian laptop, cara mengkatifkan wifi cukup menekan tombol yang ada di keyboard namun kadangkala hal itu tidak bisa dipraktekan. Cara untuk menyalakan atau mengaktifkan wifi cukup pergi ke Windows Mobility Center dengan cara:
Windows 7: Tekan tombol Windows + X lalu pilih Turn Wireless On
Windows 8: Tekan tombol Windows + X lalu pilih Mobility Center, pilih Turn Wireless On

4. Driver Wifi Disable
Ini juga merupakan hal yang bisa mengakibatkan munculnya tanda silang wifi, yaitu driver wifi dalam keadaan disable (tidak aktif). Kalau menurut saya pribadi hal ini terjadi karena kelalaian atau memang kalian sedang dijahili oleh seseorang karena masalah ini setau saya hanya bisa dilakukakn secara manual. Cara melihat apakah driver sedang ter-disable, kalian bisa pergi ke device manager. Lalu lihat apakah ada sesuatu yang tampak berbeda? Biasanya ada lingkaran dengan tanda panah warna hitam yang mengarah ke bawah. Jika kalian menemukannya, itu tandanya driver kalian sedang tidak aktif (lihat gambar).



Untuk mengatasi hal tersebut cukuplah mudah, kalian hanya perlu melakukan klik kanan pada driver yang ter-disable lalu pilih enable.

5. Gagal Update Windows
Nah, jika beberapa cara di atas tetap tidak membuahkan hasil, mungkin yang ini adalah penyebab munculnya tanda silang wifi. Secara berkala sistem operasi Windows akan melakukan update dan hal itu dilakukan saat proses shut down atau restart. Ketika OS sedang melakukan update kita dianjurkan untuk tidak mematikan laptop karena hal itu bisa berakibat buruk, salah satunya ya masalah wifi ini.

"Lalu bagaimana cara mengatasinya?"

Cara mengatasinya yaitu dengan pergi ke Backup and Restore dengan cara:
Windows 7: Klik Start ke Control Panel pilih Backup and Restore lalu pilih Recover system settings or your computer
Windows 8: Pergi ke Control Panel pilih Recovery lalu pilih Open System Restore


Setelah itu akan ada satu atau lebih restore point, silahkan pilih satu saja (pilih restore point yang tanggalnya kira-kira sebelum adanya update windows yang menyebabkan masalah wifi). Lalu pilih next kemudian pilih finish dan tunggu hingga selesai. Restore point ini berguna untuk mengembalikan sistem ke titik yang kalian pilih.

Demikian tulisan mengenai Solusi Mengatasi Tanda Silang ✖ Merah Wifi

1 Diskusi so far

I just could not go away your site before suggesting that I really enjoyed the usual info an individual supply for your guests?
Is gonna be back incessantly in order to inspect new posts

Tulis Komentar Anda disini
EmoticonEmoticon