06 December 2019

Cara Sukses Mengelola Pendataan Calon Peserta UN (CAPESUN) 2019/2020

Guru Jugan - Pada kesempatan ini Guru Jugan akan menginfokan alur dan tahapan yang wajib dikerjakan oleh operator kombinasi dengan para proktor. Apa saja yang perlu di persiapkan untuk menyongsong Ujian Nasional tahun 2020? Pada postingan ini akan dibahas secara detail

Daftar Nominasi Sementara (DNS)  paling akhir pada tanggal 18 Desember 2019  sedangkan Daftar Nominsi Tetap (DNT) terakhir pada 20 Januari, Jika DNT sudah terbit maka data siswa sudah tidak bisa di ubah (dikurangi ataupun ditambah)



Dibawah ini adalah alur pendataan Calon Peserta Ujian Nasional (CAPESUN) 2019/2020,

1. Aplikasi EMIS / DAPODIK 

2. Aplikasi VERVAL PD 

3. Aplikasi PDUN 

4. Aplikasi BIOUN  

5. Aplikasi UNBK 

Setelah melalui tahapan keempat diatas akan diterbitkan Daftar Nominasi Sementara (DNS)  paling akhir pada tanggal 18 Desember 2019 dan Daftar Nominsi Tetap (DNT) akan diterbitkan pada tanggal 20 Januari 2020.


1. Aplikasi EMIS / DAPODIK

Langkah awal yang perlu segera di lakukan adalah menyesuaikan data CALON PESERTA UN (CAPESUN) Pada Aplikasi Emis atau dapodik, Pendataan tanggal 20 Nopember 2019 (start Sync emis ke VERVAL PD) updata data Emis melalui template, jika data dianggap valid lakukan syncronisasi.

2. Cek ke akun verval PD

Jika sudah melakukan SYNC segera cek kelengkapan data di akun Verval PD, 

- Cek NIK
- Cek Nama Siswa
- Cek NISN
- Cek Tetala
- Cek Nama Ibu Kandung

Silahkan klik MENU RESIDU pada akun Verval PD, nama yang tampil di menu tersebut perlu di perbaiki, baik itu NISN, NIK, Nama Ibu Kandung.

Jika ada kesalahan/kekuarangan bisa perbaiki langsung di Verval PD. sedangkan data detail ortu yang meliputi alamat dan tempat tinggal bisa diperbaiki di Emis/Dapodik, kemudian Sync ulang

3. Masuk akun PDUN 

Bagaimana Cara Login PDUN ?

Cara Login PDUN sama dengan login VERVAL PD

Silahkan klik link http://pdun.data.kemdikbud.go.id/ akan di arahkan ke login sesuai akun Verval PD

Apa yang dilakukan setelah sukses login PDUN ? Berikut tahapannya!

- Atur Nomor Kursi dan Rombel
- Unduh File Calon Peserta UN*
- Cetak berita acara*
- Unduh file EZ*
- Uploud EZ ke BIOUN*

*Jika Data sudah sesuai / fix


Apa tugas kita di Aplikasi BioUN ini?

Sebelum melangkah lebih lanjut, unduh File *.EZ / *.DZ pada akun PDUN, namun sebelum itu anda harus memastikan bahwa data sudah sesuai dari segi jumlah dan kevalidan data siswa calon peserta UN tersebut.

Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan di BioUN

  • Login Ke BIOUN
  • Klik Menu Biodata Siswa
  • Pilih Sub Menu Biodata UN
  • Klik  file *.EZ / *.DZ 
  • Cetak DNS
Kalau ada kesalahan di DNS lakukan ulang dari awal pendataan kembali.

5. UNBK

Tahapan selanjutnya yang dilakukan adalah tarik data siswa dari BIOUN ke Aplikasi UBK melalui laman https://ubk.kemdikbud.go.id/. Untuk situs UNBK ada pembaharuan situs webnya, beralih ke halaman berikut ini : https://unbk.kemdikbud.go.id/

Bagaimana cara tarik siswa Calon Peserta UN (CAPESUN) tersebut ? Berikut ini cara yang Guru Jugan rangkum dari pengalaman tarik data.


Demikian Informasi yang bisa Guru Jugan berikan semoga informasi ini bermanfaat, serta semoga seluruh teman-teman operator dan proktor seluruh Indonesia diberi kesehatan oleh Allah SWT, Aamiin. 

Tulis Komentar Anda disini
EmoticonEmoticon