23 March 2018

Aplikasi Client UAMBN-BK Yang Bikin Pusing? Ini Alternatifnya

Assalamu'alaikum wr. wb. sahabat Guru Jugan dimanapun berada, jika ada kesulitan dalam melakukan sesuatu, di sisi lain pasti ada kemudahan yang Allah berikan sebagai alternatif, tergantung kita menggunakan alternatif atau tidak.


Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang bagaimana alternatif login di komputer client UAMBN-BK, meski cara ini tidak ada dalam juknis ataupun dalam POS UAMBN-BK tapi bagi yang sudah pusing alias AOLENG bin Posang atau Puyeng ketika menghadapi masalah pada penginstalan safeexambro, maka langkah ini juga bisa diterapkan meski dengan berapa kelemahan.

Kelemahan yang saya maksud adalah : Siswa bebas keluar masuk atau me-minimize jendela login client, tidak ada di juknis, dan tidak di rekomendasikan. hehehe.. tapi tidak dilarang (semoga).

Memang ada beberapa kendala ketika kita menginstal aplikasi Safe Exam browser di komputer client, salah satunya meminta Netfremwork, tidak terinstal sempurna karena ada anti virus yang aktif, dan lain sebagainya.

Kemudian ada beberapa dampak yang kurang mengenakkan dan membuat mumet (tapi tidak semua) setelah menginstal aplikasi Safe Exam browser, beberapa diantaranya : aplikasi tidak bisa ditutup (close), tombol shutdown tidak berfungsi, dan kendala lain yang mungkin tidak saya temui.

Biar tidak terlalu panjang lebar pembahasannya, saya mulai saja cara login client UAMBN-BK versi alternatifnya. mohon maaf bagi para master ini hanya pengalaman saya dan saya bagikan untuk teman-teman yang sama dengan saya yang masih baru belajar.

Caranya sebagai berikut :

1. Silahkan jalankan Aplikasi offline UMANBN-BK di komputer server

2. Nyalakan 1 komputer client sebagai contoh (client yg lain caranya sama)

3. Ping antara keduanya (server & client) sudah terkoneksi atau belum

4. Jika sudah terkoneksi, silahkan buka browser di komputer client (chrome)

5. Ketikkan di URL browser ⇒ 192.168.0.199:2711 (sesuaikan dengan IP Address Server)

Ket : 2711 port khusus UAMBN-BK jadi harus disertakan.

6. Jika sudah tekan ENTER

7. Maka tampilan login siswa akan muncul dan siap untuk diisi username dan password siswa

Sekian Informasi tentang Login Client UAMBN-BK Yang Bikin Pusing? Ini Alternatifnya. semoga tulisan ini bermanfaat. keep strong Proktor dan Teknisi, semoga tetap diberi kesehatan oleh Allah dalam menjalankan tugas yang menyita waktu ini.

Salam Estoh dari Guru Jugan Pulau Garam. Wassalamu'alaikum wr. wb.

Tulis Komentar Anda disini
EmoticonEmoticon