18 June 2021

Surat Edaran Penggunaan RDM (Rapor DIgital Madrasah)

Guru Jugan - Surat edaran tentang Aplikasi RDM (Rapor Digital Madrasah) bernomor B-1726 /DJ.I/Dt.I.I /PP.00 /06/2021 yang ditujukan kepada seluruh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi se-Indonesia.

Dalam rangka mewujudkan tata kelola madrasah yang efektif dan efisien serta mendukung digitalisasi madrasah, maka direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia mengembangkan aplikasi Rapor Digital Madrasah (RDM).

Aplikasi tersebut merupakan penyempurnaandari Aplikasi Rapord Digital (ARD) yang pernah digunakan madrasah. Aplikasi RDM terintegrasi dengan EMIS dan E-Learning Madrasah, hal ini untuk memudahkan madrasah dalam menggunakan RDM serta mendukung kebijakan Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama dalam mwwujudkan layanan data pendidikan islam melalui data tunggal EMIS.




RDM atau Rapor Digital Madrasah tersebut diterapkan pada Madrasah Negeri dan Swasta di seluruh Indonesia. Berkenaan dengan hal tersebut diatas, disampaikan hal-hal sebagai berikut: 
  • Aplikasi RDM (Rapor Digital Madrasah) diterapkan si Madrasah seluruh Indonesia mulai semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022
  • Bagi Madrasah yang telah ditunjuk sebagai tempat ujicoba aplikasi RDM (Rapor Digital Madrasah) dapat menggunakan aplikasi RDM (Rapor Digital Madrasah) pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021
  • Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi segera melakukan sosialisasi kepada Kemenag Kabupaten/Kota dan Madrasah di Wilayahnya
  • Penggunaan Aplikasi RDM (Rapor Digital Madrasah) tidak dipungut biaya
  • Aplikasi RDM (Rapor Digital Madrasah) dapat di download melalui portal : https://rdm.kemenag.go.id/
  • Setiap madrasah akan mendapat token aktivasi Aplikasi RDM (Rapor Digital Madrasah) dari HD Kanwil Kemenag Provinsi
  • Bila madrasah mengalami kendala dalam penggunaan RDM (Rapor Digital Madrasah), dapat menghubungi Tim Teknis/HD di Provinsi masing-masing dan berkonsultasi melalui menu “layanan konsultasi” pada portal RDM (Rapor Digital Madrasah)

Untuk Mendownload surat edaran RDM (Rapor Digital Madrasah), silahkan klik DISINI (direct download)

Demikianlah informasi tentang Surat Edaran Penggunaan RDM (Rapor DIgital Madrasah), semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk semua Madrasah di seluruh Indonesia. Aamiin.
#rdm kemenag
#rdm gratis

Tulis Komentar Anda disini
EmoticonEmoticon