23 January 2019

Catatan Simulasi 1 UAMBN-BK Sebagai Uji Coba Sistem

Simulasi 1 UAMBN-BK Sebagai Uji Coba System. Assalamu'alaikum sahabat Guru Jugan yang dirahmati Allah, Pelaksanaan simulasi 1 Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (UAMBN-BK) dilaksanakan pada hari senin 21 Januari s/d 23 Januari 2019 sudah selesai.

Pelaksanaan simulasi ini dilaksanakan secara bersamaan untuk dua jenjang sekaligus, yakni Jenjang MTs dan MA, nah yang sedikit menjadi kendala ketika 1 lembaga/yayasan memiliki kedua jenjang tersebut sekaligus tapi hanya memiliki 1 unit sarana labkom.

Namun hal itu tidak menyurutkan semangat para proktor meski berhadapan dengan kendala-kendala yang dihadapi proktor di lembaga masing-masing. para proktor saling berbagi solusi demi suksesnya pelaksanaan simulasi 1 UAMBN-BK.

Berikut Kendala-kendala yang dapat Guru Jugan rangkum :
  1. Proses singkronisasi sering mengalami kesulitan (diwaktu tertentu) bahkan gagal 
  2. Proktor harus Singkron berulang kali
  3. Soal blank (tidak keluar) sebagian lagi hanya muncul basmalah
  4. Soal double, tidak ada jawaban, tidak diacak, soal tidak bergaris bawah
  5. Tidak bisa reset pasword  
  6. Komputer Server muncul "Internal Server Error"
  7. Siswa tidak bisa logout karena ada soal yang belum dikerjakan (dicek sudah terjawab semua)
  8. Mengirim hasil ujian tidak bisa
  9. dll 
Namun dari berbagai kendala yang telah tertulis diatas maupun yang belum tertulis, merupakan hal biasa dalam pelaksanaan simulasi, karena jika mengutip dari salah satu dari tim pengembang mengatakan :

"Namanya simulasi adalah uji sistem... Makanya kalau ada kendala wajar... Langsung tim buat solusi... Dengan peran serta dalam simulasi berarti mendukung suksesnya ujian utama nanti.. (Pak Suliyat Helpdesk/Pengembang)


Permasalahan yang muncul saat pelaksanaan Alhamdulillah langsung direspon dengan cepat oleh tim pengembang, melalui para helpdesk yang tidak kenal lelah dalam membantu teman-teman proktor dibawah sambil berkordinasi dengan tim di pusat.

Beberapa review tentang terjadinya error dan solusi yang diberikan tim helpdesk Kabupaten maupun tim dari pusat.
  1. Soal tidak muncul di komputer klien (Kebanyakan data di PDUM tidak valid, nisn, nisn rombel antra pengabung dan penyelenggara sama, nomor urut sama tidak berurut kebawah) intinya lihat didata siswa pdum kalau ada yang biru berarti ada kesalahan. Solusi :  Perbaiki data di PDUM Singkron ulang
  2. Gagal singkron bank soal (faktor lain karena tidak melakukan proses panduan diweb uambnbk) Solusi : ikuti sesuai prosedur/panduan di web uambnbk
  3. Siswa tidak bisa login : siswa tidak log out atau melakukan remember me. Solusi : clear cache history. 
  4. VDI rusak  tidak proses mematikan dengan baik.  Solusi : cloning/backup VDI usahakan istiqomah setiap hari. 
  5. Tidak bisa Kirim Hasil Ujian, Solusi : sinkron  nomor 8, logout login,  kirim hasil
Jika ada tambahan silahkan tambahkan di kolom komentar.

Demikian pembahasan tentang Catatan Simulasi 1 UAMBN-BK sebagai uji coba sistem, Guru Jugan catat dan riview tentang Pelaksanaan simulasi 1 UAMBN-BK tahun 2019. Semoga tulisan ini bermanfaat. Aamiin.

Tulis Komentar Anda disini
EmoticonEmoticon