09 December 2018

Instal Aplikasi ARD Aplikasi Raport Versi Patching

Instal Aplikasi ARD Aplikasi Raport Versi Patching. - Guru Jugan. Assalamu'alaikum sahabat guru jugan, setelah postingan sebelumnya cara Instal Aplikasi ARD (Aplikasi Raport Digital) Yang Benar. kali ini saya berikan tutorial cara Instal Aplikasi ARD Aplikasi Raport Versi Patching, mulai Patch Versi-1, PatchingRapor-2.zip, PatchingRapor-3.zip


Baca Juga : 
UPDATE!!! PatchingRapor-3.zip ARD Madrasah Tanpa Kouta Limit

Setelah semua file terdownload, lakukan instalasi ARD ini pada PC server (PC lain yang paling tinggi specnya , bisa laptop). PC ini nantinya akan menjadi server ARD offline pada madrasah kita.

Sebaiknya jangan install aplikasi ARD di komputer atau laptop yang sudah ada aplikasi berbasis xamp, wamp, uwamp (cbt, aplikasi sibos pintar, erekam dll) dan laptop yang digunakan aplikasi administrasi madrasah.


Dibawah ini tutorial yang dibuat oleh tim ARD Kanwil JATIM :

1. Setelah semua file terdownload, lakukan instalasi ARD ini pada PC server (PC lain yang paling tinggi specnya , bisa laptop). PC ini nantinya akan menjadi server ARD offline pada madrasah kita.

Catatan : jangan install aplikasi ARD di komputer atau laptop yang sudah ada aplikasi berbasis xamp, wamp, uwamp (cbt, aplikasi sibos pintar, erekam dll) dan laptop yang digunakan aplikasi administrasi madrasah.

2. Klik kanan file ARDV1.0-Setup.exe lalu klik Run as Administrator . ikuti langkah-langkahnya, mulai mengisi password aplikasi lalu klik next, tunggu hingga proses instalasi selesai (akan ada / muncul shortcut pada desktop).

3. Klik 2x (jalankan) sorcut tsb, tunggu hingga muncul halaman login ARD offline (tampilan sama dengan seperti yg versi offline)

4. Lakukan patching dengan
Copy kan folder "application" dari folder ma ke C:\ARD\htdocs\ma\ (Replace)
Copy kan folder "application" dari folder mi ke C:\ARD\htdocs\mi\ (Replace)
Copy kan folder "application" dari folder mts ke C:\ARD\htdocs\mts\ (Replace)

5. Setelah dilakukan “Patching”, lakukan login sesuai jenjang madrasah menggunakan data login yang biasa digunakan login

6. Jika login menggunakan data login point 4 gagal, maka gunakan akun login sbg berikut:

A. MA- Username: 131281710003- Password : pengguna
B. MTs- Username: 121252030054- Password : pengguna
C. MI- Username: 111232010580- Password : pengguna

Akun-akun tersebut adalah salah satu akun dari salah satu MA/MTs/MI yang ada di ARD online. Khusus madrasah yang belum pernah bisa login menggunakan NSM madrasah, bisa menggunakan akun-akun tsb sesuai dengan jenjang madrasahnya.


Untuk madrasah yang sudah tidak ada masalah login secara online, maka gunakan data login yang biasa anda gunakan sebelumnya (pada kasus login menggunakan NSM dan password sesuai madrasah, maka akun langsung mendapatkan tampilan dan isi ARD offline ini sama persis dengan yang online


7. Lakukan setting/pengaturan seperlunya mulai dari data madrasah, upload data guru, upload data siswa, mapel dll (sesuai dengan madrasah masing-masing)


8. Agar ARD offline ini bisa di akses secara bersamaan oleh banyak pengguna (guru dan operator), maka sambungkan PC server (yang sudah diinstall ARD offline) ini ke dalam jaringan lokal di madrasah (bisa menggunakan jaringan kabel maupun non kabel/wireless)


9. Setelah dilakukan patching (baca petunjuk yang ada pada file readme.txt untuk melakukan patchinig), maka aplikasi ARD offline ini pada beberpa menu/fitur yang tadinya terkunci akan menjadi terbuka sehingga akan bisa kita lakukan pengaturan lebih fleksibel sesuai dengan kondisi madrasah kita masing-masing.


10. Tidak menutup kemungkinan setelah muncul patching 1 ini pada waktu-waktu selanjutnya akan muncul/ada patching2 berikutnya (akan di upload/bisa didownload di web ARD online).

Patching 1 ini hanyalah perbaikan awal yang baru sempat/bisa dikerjakan oleh pengembang dalam waktu semalam)

11. Selamat berjuang, dan lakukan inventarisir setiap permasalahan yang ditemukan selama mengerjakan pengisian ARD offline ini dan laporkan kepada HelpDesk kab/kota/provinsi agar bisa segera dilakukan perbaikan seperlunya oleh pusat. Mohon setiap ada usulan perbaikan dsb

Terima Kasih !!!  


Untuk Mendownload PatchingRapor-1.zip ARD silahkan klik DISINI

Untuk Mendownload ARD PatchingRapor-2.zip silahkan klik DISINI

Untuk Mendownload ARD PatchingRapor-3.zip silahkan klik DISINI


Bagi yang semester belum berubah ke semester ganjil, silahkan link Pacth semester klik DISINI Ukuran file hanya 4 KB.

Cara Patching semester sebagai berikut :

1. Ekstrak File Patch Semester.
2. Copy folder "mysql".
3. Pastekan di folder C:\ARD
4. Pilih Replace jika ada notifikasi

Silahkan klik DISINI untuk mengunduh file versi PDF Cara Instal Aplikasi ARD versi revisi yang, tutorial ini dibuat oleh tim ARD Kanwil JATIM.

Demikian Tulisan tentang cara Instal Aplikasi ARD Aplikasi Raport Versi Patching, semoga bermanfaat, Aamiin. Bagikan tutorial ini sehingga bisa membantu teman teman guru yang masih belum paham dengan cara instal maupun cara patch aplikasi ARD ini.

Berikut Tutorial cara instal ARD offline dengan disertai dengan cara copy paste file Patching.




Bagikan informasi ini gratis tis tis.... jika dirasa bermanfaat untuk teman yang membutuhkan, dengan cara klik link Sosmed dibawah atau disamping postingan ini. salam satu data.

6 Diskusi

Cara Memasukan Pelajaran Lintas Minat dimana?? tidak ada pilihan

Masih ada bug pada aplikasi ARD, bahkan raport patching2 :
setelah sy coba patching2, maka ada beberapa koreksi:
1. Pada penambahan mapel tdk ada pilihan kelompok Lintas Minat, sehingga di cetak raportnya Lintas Minat masih Kosong.
2. Belum ada Tempat dan tanggal raport pd tanda tangan kepala madrasah.
3. Tahun Pelajaran tidak ada ( hilang, krn sebelumnya ada)
4. pada jurusan peminatan keagamaan, mapel diatas poin 4 tdk muncul pd cetak raport

cara menambah patching rapot 1 dan 2 gmna ya pak

Kalau blm pernah patching, Lgsg Download Patching 2 saja, ekstrak dulu hasil Download copy paste di drive C - ARD - htdocs

mas, bagaimana solusinya jika nilai predikat tidak bisa muncul semua?
Tks.

perbaiki mapelnya di menu mata pelajaran - klik sub menu perbaikan. disini caranya https://www.gurujugan.com/2018/12/mengatasi-predikat-tidak-muncul-di.html

Tulis Komentar Anda disini
EmoticonEmoticon