31 October 2018

Ujian Nasional 2019, Masihkah UNBK 2019???

Assalamu'alaikum wr wb. adik adik siswa kelas akhir dan sahabat gurujugan, baik yang guru sekaligus operator madrasah ataupun sahabat TU sekaligus Operator Madrasah dan masih menjabat pula proktor + teknisi, atau apapun jabatan sahabat gurujugan, yang penting berita ini bisa menjadi info bermanfaat (semoga). Pada postingan kali ini kami admin gurujugan.com akan mengetengahkan informasi penting tentang Persiapan UNBK 2018.


Kalau melihat judul diatas, Ujian Nasional 2019, Masihkah UNBK??? ya pastilah jawabannya 100% Ujian Nasional Berbasis Komputer alias UNBK.

Berita Ada beberapa poin yang dihasilkan dari Sosialisasi Persiapan UNBK Tahun 2019 Provinsi Jawa Timur. Berikut isi dari Sosialisai UNBK 2019 yang disampaikan Oleh Bpk Hamdi (Helpdesk Kabupaten Sumenep) via massage berantai di grup proktor UNBK Kabupaten Sumenep.

1. Jadwal UNBK kemungkinan besar akan dimajukan dikarenakan bulan April bertepatan dengan PEMILU

2. Untuk pendataan peserta ujian nasional murni diambilkan dari DAPODIK/EMIS tanpa melibatkan aplikasi pendataan lain (misalnya : BIOUN) Fijar Hafis (Tester Team Aplikasi Puspendik)

3. Transfer Response wajib untuk digunakan/diaplikasikan pada waktu pelaksanaan mulai dari Simulasi sampai UNBK utama.

4. Server Cadangan tetap wajib ada, walaupun sudah ada menu transfer response

5. Ada beberapa kasus, pada waktu singkron untuk data 1 terjadi masalah, maka langkah-langkah yang harus dilakukan adalah :
   a. lakukan singkron lagi 2-3 kali
   b. jika masih bermasalah, cek sambungan internetnya
   c. Jika tetap bermasalah, maka hubungi HD propinsi untuk diteruskan ke Pusat.

6. Backup VHD singkron wajib dilakukan

7. Pada waktu melakukan restore file transfer response, yang di ZIP adalah filenya, bukan folder transfer responsnya

8. Sebelum melakukan ekstrak TR, lakukan setting terlebih dahulu status tes yang disesuaikan dengan status test yang aktif pada waktu error terjadi. Handaru (Team leader dari team aplikasi Puspendik)

9. Ada beberapa server yang menangani UNBK
   a. Server Manager
   b. Server Admin : merupakan server cloud yang terdiri dari 20 server cloud : fungsinya melayani             singkronisasi dan release toke.
   c. Server Report : fungsinya untuk laporan UNBK yang terdiri dari 6 server fisik
   d. Server Pengolahan : fungsinya untuk mengelola web UNBK

10. Pada waktu melakukan instalasi OS server, hindari penggunaan aplikasi Ghost agar SN mesin tidak sama.

11. Adanya penambahan feature password pada login CBTSync admin, dimana password ini akan diinformasikan di web UNBK dan bisa suatu saat berubah.

12. Siswa suatu sesi  tidak bisa dimasukkan ke sesi lain karena berfungsinya pilihan kelompok test pada menu status test

13. Waktu token akan dibatasi sesuai dengan sesinya masing-masing.

14. Jika ada siswa yang belum selesai mengerjakan kemudian terjadi listrik padam sampai malam, maka bisa melakukan request FORCE SELESAI pada HD provinsi untuk memaksa status siswa tersebut menjadi selesai mengerjakan sehingga proktor bisa melakukan upload jawaban.

Demikian Informasi tentang Sosialisai Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2019, semoga informasi ini bermanfaat.

4 Diskusi

terimakasih informasinya, silahkan kunjungi juga https://limshofil.blogspot.com/

terimakasih informasinya ..

kunjungi juga blog saya http://wahyudhiwrites.blogspot.com/

Sama-sama, terima kasih jg sdh mampir disini

Mksih jg sdh singgah, siap InsyaAllah

Tulis Komentar Anda disini
EmoticonEmoticon